Senin, 04 April 2011

Makna Kesejahteraan Sosial dalam Perspektif Agama Kristen

@. Menurut anda apa yang dimaksud dengan mensejahterahkan masyarakat?
Membantu masyarakat yang tadinya kurang mampu menjadi naik, baik dalam perekonomiannya maupuun yang lainnya/untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, tanpa memandang dari segi apapun entah orang yang akan dibantu itu beragama lain, yang penting bisa mensejahterahkan masyarakat yang kurang mampu.
Dalam mensejahterahkan masyarakat harus memahami dari mana kita ikut terlibat dan membantu secara langsung,
Dengan cara memahami beberapa intervensi sosial diantaranya: mikro, mezzo, dan makro. Level mikro membahas intervensi sosial di tingkat individu, keluarga, dan kelompok kecil; level mezzo membahas intervensi sosial di tingkat komunitas; dan level makro membahas intervensi sosial di tingkat masyarakat yang lebih luas.
Dan apabila ketiga macam tersebut bisa terlaksana, maka mereka yakin bahwasanya Allah akan memberikan kasihnya kepada kita.
@. Terus, apa tenggapan anda dengan tidak adanya keharmonisan antar umat beragama?seperti sekarang ini?dengan hal semacam itu, Apakah kesejahteraan umat akan sejahterah?
Jelas, tidak sejahterah. Kami tidak memandang hal yang sedemikian itu, biarlah keyakinan itu berbeda tapi dalam hal mensejahterahkan masyarakat, ayolah kita bersama-sama saling bahu-membahu(tolong-menolong).
Macam-macam pendekatan dalam mensejahterahkan masyarakat ada 4:
1. Filantropi sosial
Filantropi terkait erat dengan upaya-upaya kesejahteraan sosial yang dilakukan para agamawan dan relawan, yakni upaya yang bersifat amal (charity) dimana orang-orang ini menyumbangkan waktu, uang, dan tenaganya untuk menolong orang lain. Pelaku dari filantropi disebut sebagai filantropis.
Filantropi sosial bertujuan mempromosikan kesejahteraan sosial dengan mendorong penyediaan barang pribadi dan pelayanan kepada orang yang membutuhkan
2. Pekerja sosial
Berbeda dengan pendekatan filantropi, pekerjaan sosial merupakan pendekatan yang terorganisir untuk mempromosikan kesejahteraan sosial dengan menggunakan tenaga profesional yang memenuhi syarat untuk menangani masalah sosial. Namun, perkembangan pekerjaan sosial tidak lepas dari perkembangan filantropi.Sejak abad ke-19, pekerjaan sosial telah mengalami pengembangan profesional dan akademik yang cukup pesat dan telah menyebar di seluruh dunia.
3. Administrasi sosial
Pendekatan administrasi sosial berusaha mempromosikan kesejahteraan sosial dengan menciptakan program sosial pemerintah yang meningkatkan kesejahteraan warga negaranya melalui penyediaan berbagai pelayanan sosial. Pendekatan ini diselenggarakan langsung oleh pemerintah. Salah satu contoh yang paling terkenal adalah Undang-Undang tentang Kemiskinan yang dikeluarkan oleh Ratu Elizabeth.
4. Pembangunan sosial
Pembangunan sosisal merupakan suatu proses perubahan sosial terencana yang dirancang untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat secara utuh, di mana pembangunan ini dilakukan untuk saling melengkapi dengan dinamika proses pembangunan ekonomi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar